Selamat Datang di Official Website: JabeJabe Amazing Holiday, Nikmati Keindahan Belitung dalam Paket Tour Belitung 2019, Explore Negeri Laskar Pelangi, Tradisi, Budaya, serta Keindahan Pantai dan Pulau-Pulau dengan Karakteristik Formasi Granit Berusia 65 - 200 Juta Tahun

Kopi Kong Djie Belitung - Citra Rasa & Budaya

Kopi Kong Djie Belitung

Citra Rasa Kopi Kong Djie

Kopi Kong Djie Belitung atau saat ini dengan label Kong Djie Coffee memiliki citra rasa yang khas di lidah. Rasa asam dalam kopi ini tidak berlebihan, namun rasa pahitnya masih terasa meski sudah dicampur dengan susu. Ini disebabkan racikan kopi ini terdiri dari 70 persen Robusta Lampung dan 30 persen Arabika Jawa yang terkenal dengan aroma dan asamnya.

Hal lain yang menambah perbedaan citra rasa berbeda pada kopi Kong Djie bukan melulu dari sumber asal kopi. Namun cara meracik dan bagaimana membuat juga merupakan perbedaan dalam bentuk lain. Pembuatan Kopi Kong Djie memakai cerek berukuran besar, dengan tinggi sekitar satu meter. Kemudian di dalam cerek ini diberi campuran air dan kopi sebanyak satu kilogram.

Lalu cerek ini dijerang di atas tungku arang terus menerus (sama seperti membuat daging rendang). Meskipun terbilang cara tradisional, Kopi Kong Djie tidak memiliki bubuk. Hal ini dikarenakan di bagian atas cerek terdapat filter yang terbuat dari kain, fungsinya untuk menghambat bubuk kopi saat disajikan di dalam gelas.

Budaya Masyarakat Pengopi

Sedikit menyentil sumber kopi, sejak dulu, sumber kopi yang masuk ke Belitung memang selalu berasal dari luar. Bagi masyarakat Belitung, budaya dan semangat ngopi bukan pada perkara sumber, namun kehidupan bermasyarakat dan berkomunikasi satu sama lain (istilahnya) selalu dimulai dari warung kopi.

Terlepas dari citra rasa, aktivitas ‘ngopi’ bagi masyarakat Belitung memang ‘idealnya’ di warung kopi. Selain bisa bertemu dengan kawan dan silaturahmi, suasana yang nyaman dan bersahabat serta gelak tawa renyah hanya ada di warung kopi.

Bicara budaya, kebiasaan masyarakat Belitung saat ingin ke warung kopi dengan sebutan ‘ngupi’. Bersama-sama teman dengan ajakan “yuk ngupi!” Meskipun nantinya di warung kopi tidak memesan kopi, tapi memesan menu lain semisal the, coklat, atau susu. Begitupula sepulangnya dari warung kopi lalu ditanya dari mana, jawab mereka ya ‘ngopi’, meskipun yang diminum tadi bukan kopi.

Sejarah Warkop Kong Djie

Kedai Kopi Kong Djie sudah berdiri sejak 1940. Kedai Kong Djie pertama kali dibuka di daerah Buluhtumbang oleh perantau Bangka bernama Ho Kong Djie. Kehidupan ekonomi yang silit pada masa penjajahan jepang membuatnya merantau, mencari kehidupan baru di Belitung pada masa itu.

Bermodalkan cukup membeli kopi dan gula, Ho Kong Djie mulai menjualkan kopi dagangannya ke masyarakat. Perjuangan pada masa itu tidak bisa dibandingkan dengan kekinian, di mana kini Kedai Kong Djie sudah ada di mana-mana dalam bentuk franchise.

Kemudian, setelah beberapa masa berlalu, Kedai Kopi Kong Djie pindah ke Simpang Siburik, Tanjungpandan. Di daerah ini kemudian Kedai kopi legendaris ini menetap lama hingga sekarang.

Kedai Kong Djie Siburik

Setiap hari, sejak pukul 05.00 pagi, kedai ini mulai didatangi pelanggan. Sejak saat itu pula aktifitas kehidupan masyarakat di Tanjungpandan Belitung dimulai. Mereka yang akan ke pasar singgah ke Kong Djie, begitu pula sebelum pergi ke kantor dan yang setelah berolahraga. Suasana berkelakar dan gelak tawa pun sudah dimulai pagi itu dan pagi seterusnya.

Kedai Kong Djie siburik ini terletak persis di Persimpangan Jalan Siburik Tanjungpandan. Memiliki lahan parkir yang sangat sempit, namun beginilah suasana yang dibangun setiap hari. Selain masyarakat lokal yang datang, wisatawan yang berlibur ke Belitung pun senantiasa memenuhi bilik-bilik di kedai Kong Djie, terutama di ujung minggu.

Nah jika Anda berkunjung ke Belitung menggunakan jasa Tour & Travel Belitung dan mengambil Paket Tour Belitung. Jangan lupa tanyakan kepada pemandu, adakah paket ngopi di kedai Kong Djie. Umumnya selalu ada, karena ngopi merupakan salah satu tradisi masyarakat Belitung yang ingin mereka kenalkan kepada wisatawan.

Artikel Terkait

Komentar (0)

Posting Komentar

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Paket Tour Belitung di +6282278723031, dan WhatsApp; +6282278723031, atau via Email: jabejabeholiday@gmail.com

Anda sudah berada di Belitung dan bingung mau jalan-jalan kemana? jangan panik, Kami menyediakan beberapa paket liburan satu hari untuk Anda
BELITUNG ONE DAY TOUR
Mereka yang berbicara tentang bagaimana pengalaman Mereka saat berlibur bersama Kami di Pulau Belitung. Pelayanan yang sama pula akan Kami berikan kepada Anda saat berlibur bersama Kami dalam Paket Tour Belitung