Selamat Datang di Official Website: JabeJabe Amazing Holiday, Nikmati Keindahan Belitung dalam Paket Tour Belitung 2019, Explore Negeri Laskar Pelangi, Tradisi, Budaya, serta Keindahan Pantai dan Pulau-Pulau dengan Karakteristik Formasi Granit Berusia 65 - 200 Juta Tahun

Souvenir Belitung

Souvenir Belitung

Souvenir alias Oleh-oleh Belitung yang Khas, Apa Saja?

Ini Tempat Oleh-oleh Belitung yang Bisa Kamu Kunjungi

Toko dan Oleh-oleh Belitung

Oleh-oleh Belitung - Liburan memang gak ada batasan mau kemana aja, pantai, gunung, dan melihat-lihat atraksi budaya. Atau ada pula yang cenderung tinggal di hotel dan menikmati kedamaian. Namun, jangan ada yang terlupakan, berburu souvenir atau oleh-oleh bisa jadi merupakan salah satu hal wajib.

Sebagai pulau pasca tambang yang baru saja menemukan jati dirinya sebagai negeri wisata, Belitung memang bukan kota belanja. Meski tidak terdapat mall besar khusus oleh-oleh, Anda bisa menemukan beberapa tempat penjualan oleh-oleh Belitung.

Bagi Anda yang liburan sendiri dan kawan-kawan ala backpacker atau yang bersama Travel Agency Belitung, jangan lupa lihat itinerari Anda, pastikan berburu oleh-oleh menjadi salah satu agenda liburan Anda saat berada di Belitung.

Berikut apa saja oleh-oleh Belitung,  check it out!

1. Kaos Belitung

Sebagai kota wisata, beberapa kreatif Belitung sudah mulai membuat branding kaos yang bisa menjadi oleh-oleh Belitung Anda. Ada beberapa kaos yang bisa menjadi referensi Anda. Misalnya Kaos jabejabe, Calong, Bansai, Agas, Jeramba, I Love Belitong, Senai, Sepiak, Kik_Yanto, serta banyak lagi. Design kaos-kaos ini semuanyaa berbau khas Belitong.

Rata-rata Kaos Belitung biasanya terdapat tulisan dan gambar Laskar Pelangi, Pulau Lengkuas, Pulau Leebong, I Love Belitong, atau Replika SD Laskar Pelangi. Meski demikian, masih banyak lagi design lainnya yang menarik yang bisa Anda beli.

2. Kepiting Isi (ketam isi)

Kepiting isi merupakan oleh-oleh makanan basah yang khas Belitong. Olahan oleh-oleh Belitung jenis ini memang betul-betul isi kepiting yang dicampurkan dengan bumbu dan dimasukkan ke dalam cangkang. Gurih dan Nikmat, dua kata ini selalu muncul saat wisatawan mencoba kuliner kepiting isi.

Karena kenikmatannya, tidak heran jika beberapa Guide pun seringkali ditanyai wisatawan, bahkan ketika baru saja tiba di Belitung. Untuk kuliner sebetulnya rellatif, tentu tidak semua orang menyukai kuliner yang sama. Pastinya, saat di Belitung, tak ada salahnya mencicipi kepiting isi.

3. Getas Oleh-oleh Belitung

Souvenir Belitung

Getas merupakan jenis kerupuk yang berbentuk bulat atau sedikit memanjang. Kerupuk bulat ini memiliki rasa yang khas ikan laut. Anda bisa menemukan getas yang sangat familiar di banyak toko-toko souvenir dan oleh-oleh Belitung.

4. Aneka kerupuk atau kemplang ikan

Banyak sekali jenis kerupuk di Belitung. Dari mulai bentuk kerupuk yang berbeda dan rasa. Di Belitung, kerupuk biasa juga disebut kemplang. Sebagian rasa kemplang di Belitung sangat ketara dengan ikan. Maklum, karena Belitung adalah pulau, oleh karena itu banyak varian kuliner yang bernuansa laut. Selain rasa ikan, juga terdapat kerupuk yang memiliki rasa udang, cumi-cumi, hingga rasa siput gonggong.

Jika Anda ke Belitung, jangan lupa berburu kerupuk yang memiliki banyak bentuk dan aneka rasa. Hampir semua tempat oleh-oleh Belitung menjual kerupuk. Baik itu toko oleh-oleh yang berukuran besar atau pun kedai-kedai di pinggir jalan.

5. Terasi Belitong

Laut Pulau Belitong memiliki terumbu karang dan habitat yang sangat baik bagi udang rebon. Udang rebon merupakan bahan baku utama Terasi Belitong yang sudah sangat teruji keaslian dan kenikmatannya.

Menurut pengrajin oleh-oleh terasi di dareah Cendil, Kelapa Kampit Belitung Timur, terjaganya terumbu karang membuat udang rebon berkembang baik. Hal ini mempengaruhi kwalitas terasi di Belitong. Nampak sekali kemerah-merahan terasi karena udang rebon yang baik.

Hingga kini produksi Terasi Belitong masih diproduksi oleh rumah-rumah produksi skala kecil masyarakat. Dareah penghasil atau produksi terasi di belitong diantaranya Cendil (Kelapa Kampit - Belitung Timur), Selindang (Kampit - Belitung Timur), dan Sungai Padang (Kab. Belitung.

6. Sambal Lingkong (Abon Ikan)

Sambal Lingkong yang biasanya disebut Abon Ikan merupakan salah satu oleh-oleh khas Belitung. Umumnya Sambal Lingkong menjadi teman nasi yang nikmat, dikombinasikan dengan menu-menu lauk-pauk lainnya.

7. Kopi Belitung

Kopi merupakan salah satu identitas Pulau Belitong. Bahkan Kota Manggar (Ibukota Kabupaten Belitung Timur), dikenal dengan Kota Seribu Warung Kopi. Meskipun pada saat julukan muncul (dari Festival Seribu Warung Kopi - Rekor MURI), belum ada perkebunan Kopi di Pulau Belitung.

Ngopi menjadi budaya di Belitung. Semangat ngopi ini entah muncul dari mana, yang pasti masyarakat Indonesia sejak dulu kala memang senang ngopi. Ngopi pada kekinian sudah menjadi branding wisata di Pulau Belitong. Bahkan, salah satu kedai kopi yang sudah franchise adalah Kedai Kopi Kong Djie.

8. Keripik Sukun Belitung

Souvenir Belitung

Sukun atau Keripik Sukun yang gurih dan nikmat juga merupakan label Belitung. Artinya ini adalah jenis oleh-oleh Belitung yang wajib dibeli. Bentuk keripik sukun bermacam-macam, tipis seperti keripik, potongan kubus (ukuran kecil) yang memanjang, atau tidak beraturan.

Menurut pendapat beberapa orang, kwalitas sukun di Belitung yang nikmat adalah karena pohon-pohon sukun yang tumbuh di daerah pantai-pantai. Rasa sukun akan berbeda jika tumbuh di daerah perbukitan atau gunung.

9. Keripik Ikan Teri - Teri Krispi

Souvenir Belitung

Kenikmatan Teri Krispi ada pada rasa asin dan gurihnya yang membelai lidah. Ikan Teri Belitung merupakan tangkapan asli nelayan Tanjung Binga yang masih sangat segar lalu diolah sedemikian rupa.

Selain rasa asli, Anda juga bisa memilih Teri Krispi Balado, teri Krispi Keju. Teri krispi dibuat dari bahan dasar ikan teri berukuran sedang. Adapun bumbu-bumbunya antara lain tepung beras, bawang putih, tepung tapioka, lada, garam, dan telur.

10. Kritcu Oleh-oleh Belitung

Souvenir Belitung

Satu lagi yang tidak boleh terlupakan, Kericu Cumi. Kericu yang asin dan gurih ini dibuat dengan bahan dasar cumi dan bumbu-bumbu pilihan. Nikmatnya kericu bisa dikonsumsi langsung sebagai cemilan atau teman nasi.

Demikian sepuluh oleh-oleh wajib yang bisa menjadi referensi bagi Anda saat berlibur ke Pulau Belitong. Kemudian, untuk mencari oleh-oleh Belitung ini akan kami tunjukkan dimana tempat dan lokasinya.

Tempat Belanja Oleh-oleh Belitung

1. Pondok Kelapa

Toko Oleh-oleh Belitung - Pondok Kelapa terletak di Jln. Air Saga 89, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Pondok Kelapa merupakan salah satu toko oleh-oleh terlengkap di Belitung. Di Pondok Kelapa Anda bisa membeli kerajinan tangan, snack, kaos khas Belitung dan lain-lain.

2. Toko BnB Snack

Toko ini terletak di jalan Veteran Tanjung Pandan dimana mayoritas yang dijual di toko ini adalah makanan, minuman dan snack khas Belitung.

3. Galery UMKM Belitung dan Belitung Timur

Di tempat ini berbagai jenis oleh-oleh khas Belitung bisa anda dapatkan. Lokasinya di Jalan Sriwijaya Tanjungpandan, sangat dekat dengan kawasan kave senang atau monumen batu satam Tanjung Pandan Belitung. Dan untuk galeri UMKM di Belitung Timur, Anda bisa menemukannya di kawasan Warung Kopi Pasar Manggar, Belitung Timur.

4. Toko Oleh-Oleh Khas Belitung Outlet

Terletak di Jalan Patimura No.15 TanjungPandan, Belitung. Bangunan Toko Belitung Outlet lumayan besar, yang mana mayoritas oleh-oleh yang dijual adalah baju kaos dan souvenir khas Belitung. Nah, jika Anda ingin mencari kaos-kaos dengan design destinasi wisata Belitung, bisa mampir ke outlet ini karena pilihan dan ukurannya sangat banyak dan bervariasi.

So, sekarang apalagi? mudah-mudahan referensi di atas bisa menambah wawasan Anda saat berlibur ke Belitung dan mau berburu oleh-oleh Belitung. Dan jika ingin berlibur ke Negeri Laskar Pelangi, jangan sungkan untuk menghubungi Travel Belitung yang sudah terpercaya seperti kami. Anda bisa mengambil berbagai paket wisata Belitung 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan 4 hari 3 malam. Namo Budaya, Selamat Berwisata!


Ragam Kuliner Belitung yang Maknyus Patut Anda Coba saat ke Belitung

Ragam Kuliner Belitung - Karena berwisata tak melulu berarti mengunjungi suatu tempat, artinya saat berkunjung ke suatu tempat, harus  ada yang dikunyah, hehe….

Kemudian, saat berwisata ke suatu daerah  yang belum kita datangi, umumnya akan ditemukan jajanan atau kuiner yang berbeda dan unik. Baik dari segi bentuk, nama, dan rasa. Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari beragam jenis suku bangsa dan bahasa, bagaimana pun memiliki banyak kesamaan. Termasuk dslam hal kuliner.

Kita bisa saja menemukan jenis makanan yang bentuknya sama, namun rasanya memiliki perbedaan. Begitu juga dalam hal sama rasa, lalu berbeda dalam bentuk dan nama. Inilah Indonesia, tidak hanya diikat oleh kesatuan bahasa, namun juga kesamaan selera kulinernya yang beragam dan sama rasa.

Berikut ini ragam kuliner Belitung;

Mie Belitong

Mie Belitong tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitong. Mie dengan kuah udang ini selalu menjadi welcome meals bagi wisatawan, bersandingan dengan minuman jeruk kunci. Mienya adalah mie asli atau buatan langsung dari produksi rumah tangga, jadi bukan olahan pabrik selayaknya mie instan. Jika sesekali Anda berkunjung ke Belitong, patutlah mencobanya.

Talam Menggale

Talam menggale adalah kue tradisional yang terbuat dari menggale atau singkong parut campur gula merah yang kemudian dikukus plus lapisan atas yang berupa adonan dari tepung beras.

Lakse

Jenis Makanan ini dibuat dari campuran tepung beras dan sagu. Ditambah pula dengan sedikit santan kelapa yang dibentuk mirip kerupuk keriting, lalu dibungkus pakai daun pisang atau daun simpor. Kuahnya yang maknyus dibuat dari bahan campuran ikan dan santan yang tentunya memiliki citarasa gurih.

Lepat

Kuliner Belitung yang satu ini terbuat dari ketan merah atau putih. Ketan dibungkus pakai daun pandan atau daun mengkuang dengan tali dari bahan yang sama. Sajian Lepat dibentuk memanjang atau bulat dan dimasak dengan cara dikukus selama beberapa waktu. Lepat adalah kuliner wajib saat acara Maras Taun, salah satu Tradisi Budaya Belitung.

Engkak Ketan

Ini merupakan sejenis kue tradisional yang bahan utamanya adalah ketan. Campurannya gula, telur, terigu, santan, susu, dan mentega. Cara pembuatannya adalah dengan dipanggang.

Bingke

Bingke khas Belitung termasuk dalam kue tradisional berbahan dasar umbi, contohnya, kentang, ubi jalar, atau labu siam. Dari bahan dasar umbi ini dihaluskan lalu dicampur terigu, telur, gula, susu, santan, serta mentega. Selanjutnya adonan ini dipanggang sampai matang.

Pulut Panggang

Jangan lewatkan pula Pulut panggang. Makanan ini dibuat dari beras ketan merah atau putih, dibungkus dengan daun simpor. Akan lebih nikmat jika terdapat tambahan sambal lingkong atau sambal ikan (dimasukkan di tengah-tengah) yang kemudian dibakar sehingga memberi aroma dan rasa yang maknyus.

Begero

Ini adalah makanan yang biasa dimakan pada saat sarapan pagi atau selamatan. Terbuat dari beras campur sagu dengan sedikit santan. Selanjutnya dikukus dalam wadah, lalu dipotong bentuk pipih memanjang dan dibungkus pakai daun simpor atau pisang. Disajikan dengan kuah ikan campur santan yang gurih.

Nah, anda sudah memegang beberapa referensi ragam kuliner Belitung. jika suatu saat Anda berlibur dan menyukai wisata kuliner, jangan lewatkan daftar kuliner yang serba maknyus di atas.

SOUVENIR BELITUNG OLEH - OLEH BELITUNG SOUVENIR BELITUNG OLEH - OLEH BELITUNG SOUVENIR BELITUNG OLEH - OLEH BELITUNG SOUVENIR BELITUNG OLEH - OLEH BELITUNG 

Artikel Terkait

Komentar (0)

Posting Komentar

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Paket Tour Belitung. Anda Bisa Menghubungi Mobile Phone Kami di +6282278723031, Bisa Chat Melalui WhatsApp: +6282278723031, atau Menghubungi Via Email: jabejabeholiday@gmail.com

Mereka yang berbicara tentang bagaimana pengalaman Mereka saat berlibur bersama Kami di Pulau Belitung. Pelayanan yang sama pula akan Kami berikan kepada Anda saat berlibur bersama Kami dalam Paket Tour Belitung

TAMU PAKET TOUR BELITUNG